0

Mengenai Ujian & tips nya

Ujian sebenarnya merupakan aplikasi dari kegiatan belajar kita di bangku sekolah, tapi mengapa hal tersebut malah menjadi ketakutan diri sendiri ??

Selain itu ada pula orang yang salah persepsi mengenai ujian. Mereka rela berbuat apa pun demi mendapat kan nilai ujian yang besar , padahal nilai bukanlah tujuan utama , itu hanya rating untuk mengukur kemampuan kita. Yang menjadi tujuan utama itu sebenarnya adalah kepahaman kita pada materi yang di ujiankan. Percuma saja jika kita mendapat nilai besar hasil mencontek , yang dengan kata lain kita hanya mendapat nilai besar namun tidak untuk pemahaman materi nya.

Mencontek hanya akan membuat kita tidak percaya diri . Dengan mencontek , kita tidak akan pernah bisa percaya pada kemampuan diri kita sendiri.Padahal , kita pasti bisa melakukan nya asalkan mau ber usaha , yang disertai dengan ikhtiar , tawakal , dan do'a . Dengan itu Insya Allah kita pasti diberi kemudahan oleh Allah SWT untuk menyelesaikan masalah kita.

Nah , kali ini saya akan berbagi pada sahabat sekalian mengenai tips dalam menghadapi ujian yang pernah saya terapkan & beberapa tips yang pernah saya dapat dari guru saya , yang pertama tips untuk persiapan menghadapi Ujian :

Tips untuk persiapan menghadapi Ujian:
1. Isi pikiran dengan hal yang positif ( Optimis , & katakanlah aku pasti bisa !!) , jangan pernah coba untuk memikirkan hal yang negatif seperti kegagalan dalam ujian .
2. DUIT => Do'a , Usaha , Ikhtiar , Tawakal. Senantiasa lah mendekatkan diri pada Allah dan jangan lah pernah ada rasa takabur dalam diri , karena Allah Maha Kuasa .Tidak sedikit kasus orang pintar yang gagal dalam ujian karena merasa dirinya mampu tanpa bantuan siapapun.
3. Jika perlu bernazar lah yang baik
4.Usaha , dengan memperbanyak latihan soal agar terbiasa mengerjakan soal dengan cepat.
5.Persiapkan segala peralatan untuk Ujian.
6.Jangan lupa untuk meminta do'a terutama do'a Orang tua untuk diberi kelancaran & kemudahan dalam menghadapi ujian.

Nah , Sekarang Tips dalam menghadapi ujian :
 
Tips dalam menghadapi ujian:
1.Berdo'a terlebih dahulu
2. Tenang dan percaya diri
3. Sersan (serius tapi santai)
4. Manfaatkan ujian sebagai sarana beribadah , dengan cara berdzikir. Jika menemukan soal yang sulit hendaknya ucapkan "Astaghfirullah" , jika menemukan soal yang mudah ucapkan "Alhamdulillah" , & jika selesai bisa ucapkan "Alhamdulillah & Allahuakbar !!"
5. Kerjakan soal dimulai dari yang termudah & jangan diam di 1 soal yang sulit .
6. tebaklah jawaban ganda, dimulai dari mengabaikan jawaban yang kamu anggap salah
7. gunakan sisa waktu untuk memeriksa hasil jawaban kamu
8. evaluasi ujian, ambillah pelajaran dari apa yang telah kamu laksanakan ketika ujian, apabila ada kelebihan anda bisa pertahankan atau bahkan tingkatkan, ataupun jika ada kekurangan anda bisa merubah cara anda pada ujian selanjutnya.

Nah , coba terapkan & amalkan tips tersebut ..
Man Jadda wa Jada', siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil
 
Mudah - mudahan tips ini bisa berguna dan bisa membawa kita pada kesuksesan masing - masing..
Amiin .. :D

0 komentar:

Post a Comment